KENALI LINGKUNGAN


Untuk mengenalkan lingkungan pada anak anak #KampoengBatara itu tidak mudah.  Karena untuk menciptakan pengenalan lingkungan itu perlu menggunakan sarana atau alat yang bisa mudah diingat oleh anak anak. Seperti contoh memberikan tulisan yang harus ditempelkan pada batang pohon seperti yang tertulis tersebut. Selain itu, memberikan Stimulasi juga dijadikan jurus jitu untuk menggali potensi anak anak.

Untuk mengenali bakat dan potensi anak, peran orang tua itu penting. Terutama adalah memberikan lingkungan yang nyaman untuk tumbuh dan berkembangnya potensi anak itu. Anak tidak merasa takut mengeluarkan dirinya. Anak juga merasa nyaman untuk berproses dengan hal-hal yang menjadi minatnya, yang terkadang masih berubah-
ubah.


Karena anak masih berkembang, tugas kita adalah mendampingi. Terkadang kita mengekspos anak pada sebuah hal tertentu, terkadang menemani, menyemangati, menjadi teman diskusi, menguatkan anak agar terus bersemangat menempa diri. Tapi terkadang, kita juga berperan membantu anak untuk mengeksplorasi hal-hal baru di luar bidang yang selama ini digelutinya.

Komentar