BELAJAR DAN BERMAIN KUARTET USING DI KAMPOENG BATARA

 

“Four winning Strategies, keys to the success of developing sustainable tourism in Indonesia: The Banyuwangi case” adalah salah satu makalah putra Banyuwangi yang mengulas soal pariwisata Banyuwangi yang dipilih menjadi pemenang dalam Lomba Awards for Excellence and Innovation in Tourism yang mewakili Indonesia di ajang bergengsi yang diselenggarakan oleh United Nations World Tourism Organization (UNWTO) Madrid spanyol, Januari 2016. 

Dan sosok dibalik penulisan makalah tersebut adalah kang Antariksawan Jusuf. Seorang penulis dan juga jurnalis yang konsen membangun Banyuwangi melalui karya-karya buku yang mengangkat keragaman budaya Banyuwangi versi bahasa using dan bahasa Indonesia hingga bahasa asing.

Selain itu, hadir juga bunda Hani Z Noor yang selama ini aktif dalam penulisan dan sekaligus editor buku-buku berbahasa Using Banyuwangi. Kiprahnya dalam membangun Banyuwangi melalui karya tulisnya sudah tidak diragukan lagi. 

Tidak hanya dalam penulisan buku yang khusus berbahasa daerah (Using). bunda Hani juga menjadi salah satu perempuan yang aktif dalam dunia pendidikan.

Nah, Minggu ini, kang Iwan bersama Bunda Hani hadir bersama kami di Kampoeng Batara dengan satu permainan edukasi melalui kuartet Banyuwangi’s natural & cultural HERITAGES series. Dimana, dalam kuartet tersebut, kami bisa dikenalkan dengan berbagai jenis kesenian, seperti angklung, gandrung, janger dan kundaran.


Selain itu, ada juga rujak cemplung, rujak soto, sego cawuk dan sego tempong yang bersatu dalam kelompok makanan/kuliner Banyuwangi. Ada juga kelompok Upacara Adat, seperti barong ider bumi, kebo-keboan, petik laut dan seblang. 

Tidak lupa juga tentang wisatanya. Seperti pantao BOOM, desa adat kemiren, gunung ijen dan pulau merah dirangkai dalam kelompok tujuan wisata.


Eiit…. Ada juga Kota Kerajaan Belambangan. Seperti Bayu, Kutha Lateng, Macan Putih dll. Lalu ada Gedung bersejarah, Binatang dan Sayuran. Semua dikemas dalam kartu yang akan membawa imajinasi anak-anak ke objek yang tertulis dan bergambar tersebut.
Bagaimana serunya bermain dengan orang-orang hebat ini.?


Yang pasti sangat seru. Karena ada banyak edukasi yang ada di kartu kuartet Using Banyuwangi ini.

Oleh : Founder Kampoeng batara
 

Komentar